Minggu, 25 Maret 2012
Rangkuman Bab - I Rekayasa Perangkat Lunak
DEFINISI PERANGKAT LUNAK.
Instruksi atau program komputer yang ketika dieksekusi melakukan performansi dan fungsi yang diinginkan. Struktur data yang memungkinkan memanipulasi informasi dengan baik. Merupakan program-program komputer dan dokumentasi yang berkaitan. Produk perangkat lunak dibuat untuk pelanggan tertentu ataupun untuk pasar umum. Dokumen yang menggambarkan operasi kegunaan program.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK. Adalah suatu disiplin rekayasa yang berkonsentrasi terhadap seluruh aspek produksi perangkat lunak. Mengadopsi pendekatan yang sistimatis dan terorganisir terhadap pekerjaannya dan menggunakan tool yang sesuai serta teknik yang ditentukan berdasarkan masalah yang akan dipecahkan, kendala pengembangan dan sumber daya yang tersedia.
1. PERANGKAT LUNAK DAN PERKEMBANGANNYA
Perkembangan perangkat lunak dibagi dalam beberapa kelompok antara lain :
1.1. KELOMPOK PERTAMA
1.2. KELOMPOK KE DUA
1.3. KELOMPOK KE TIGA
1.4. KELOMPOK KE EMPAT
1.1. KELOMPOK PERTAMA
Kelompok pertama, tahun 1950-an dengan ciri-ciri :
- Orientasi ke batch processing, artinya proses bertumpuk dimana pemrosesan dilakukan jika sejumlah data telah dikumpulkan dalam waktu yang telah ditentukan.
- Limited distributed, artinya pemrosesan data kebanyakan masih dilakukan secara terpusat.
- Custom software, artinya perangkat lunak yang dibuat untuk dikembangkan dan dijual kepada satu USER atau lebih.
1.2. KELOMPOK KE DUA
Kelompok ke dua, tahun 1960-an dengan ciri-ciri :
- Multi user.
- Real time.
- Database.
- Product software.
1.3. KELOMPOK KE TIGA
Kelompok ke tiga, tahun 1980-an dengan ciri-ciri :
Distributed system, artinya komputer yang digunakan dalam memproses data banyak dan mempunyai fungsi masing masing dan dapat saling berkomunikasi. Biaya hardware murah dengan ditandai perkembangan komputer micro.
1.4. KELOMPOK KE EMPAT
Kelompok ke empat, tahun 1990-an dengan ciri-ciri :
o Sistim pakar (Expert system).
o Mesin Kecerdasan Buatan (Artificial Intellegence Machine).
o Komputer paralel.
2. KARAKTERISTIK PERANGKAT LUNAK
Pembuatan suatu perangkat lunak berdasarkan logika sehingga berbeda - beda dengan lainnya.
2.1. Perangkat lunak dikembangkan bukan dibuat oleh pabrik tertentu dan tidak masal karena memerlukan perancangan yang baik.
2.2. Perangkat lunak tidak akan pernah usang karena selalu diperbaharui.
3. APLIKASI PERANGKAT LUNAK
Berikut ini beberapa aplikasi perangkat lunak antara lain :
3.1. System Software
Merupakan kumpulan program yang ditulis untuk menunjang pemakaian atau pembuatan suatu program.
3.2. Real Time Software
Merupakan program untuk mengukur, menganalisa, mengontrol proses pemasukan data dari lingkungan luar sampai menghasilkan laporan yang sesuai dengan keinginan.
3.3. Business Software
Perangkat lunak untuk aplikasi bisnis.
3.4. Engineering and Scientific Software
Perangkat lunak yang digunakan untuk bidang teknik dan perekayasaan.
3.5. Embedded Software
Perangkat lunak yang digunakan untuk mengontrol proses pabrik dan disimpan dalam ROM komputer.
3.6. Personal Computer Software
Perangkat lunak yang digunakan dalam aplikasi komputer mikro.
3.7. Artificial Intellegence Software
Perangkat lunak yang digunakan dalam bidang kecerdasan buatan.
4. SOFTWARE ENGINEERING
Sofware Engineering adalah orang yang mampu memilih alat bantu dalam perencanaan dan penerapan perangkat lunak, memiliki teknik menilai kualitas perangkat lunak yang dihasilkan, mampu mengkoordinasi, mengontrol dan mengatur pelaksanaan pekerjaan pembuatan perangkat lunak.
Tiga langkah kerja dari software engineering adalah :
4.1. Metoda
4.2. Alat Bantu
4.3. Prosedur
4.1. METODA
Metoda yang digunakan untuk membuat atau mengembangkan perangkat lunak, mencakup : Perencanaan proyek dan perkiraan. Analisis keperluan sistim dan perangkat lunak. Perancangan struktur data. Arsitektur program. Prosedur algoritma. Coding. Testing (Uji coba). Pemeliharaan.
4.2. ALAT BANTU
Digunakan untuk mendukung pelaksanaaan pengembangan atau pembuatan perangkat lunak, berupa alat bantu manual dan alat bantu otomatis.
4.3. PROSEDUR
Mendefinisikan urutan pengerjaan dari metoda dan alat yang digunakan dalam pemecahan atau pembuatan perangkat lunak.
5. SIKLUS KERJA SISTIM ENGINEERING
yaitu Sistim engineering,Analisis,Desain,Kode,Testing, dan Pemeliharaan.
6. PROTOTIPE
Prototipe adalah proses pembuatan model dari perangkat lunak yang akan dibuat sehingga user dapat mengetahui hasil yang akan dibuat.
Tujuannya untuk mendefinisikan perangkat lunak yang akan dihasilkan tanpa menyertakan rincian pemasukan data, proses dan keluaran yang diperlukan.
7. FASE PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
Fase pengembangan perangkat lunak terdiri dari :
7.1. FASE DEFINISI
Fase Definisi, mendefinisikan informasi yang akan diproses, fungsi dan performansi yang
diinginkan, menetapkan interface, merancang kendala dan batasan serta kriteria validasi yang
diperlukan untuk menunjang keberhasilan sistim.
7.2. FASE PENGEMBANGAN
Fase Pengembangan, menjabarkan struktur data dan arsitektur perangkat lunak, prosedur rinci
untuk penerapan, proses penerjemahan ke dalam bahasa pemrograman dan uji coba yang dilakukan
7.3. FASE PEMELIHARAAN
Fase Pemeliharaan, jika terjadi perubahan terhadap pembetulan, perbaikan terhadap lingkungan dan
penambahan karena permintaan user.
8. PERTIMBANGAN SOFTWARE ENGINEERING
Sebagai seorang software engineering dalam merencanakan suatu pembuatan perangkat lunak atau pengembangan perangkat lunak ada beberapa hal yang harus di pertimbangkan, dimana pertimbangan tersebut meliputi :
8.1. PERTIMBANGAN PERANGKAT KERAS
Pada Pertimbangan Perangkat Keras yang harus diperhatikan adalah :
8.1.1. Elemen Perangkat Keras
Pemeliharaan elemen perangkat keras berdasarkan pada karakteristik : Komputer dipaketkan pada suatu blok yang bisa dikembangkan. Interface antar komponen standard. Tersedia beberapa alternatif. Unjuk kerja, biaya dan ketersediaannya relatif mudah ditentukan.
8.1.2. Harga dan Kemampuannya
Penyesuian antara elemen yang akan digunakan dapat dipertimbangkan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya.
8.1.3. Rekayasa Perangkat Keras
Untuk komputer digital yang dikembangkan dari perancangan elektronik, proses perancangannya terdiri dari tiga fase antara lain :
- Perencanaan dan Spesifikasi.
- Perencanaan dan Implementasi Prototype.
- Distribusi Manufaktur dan pelayanan.
8.2. PERTIMBANGAN PERANGKAT LUNAK
Disusun dari 2 tipe yaitu aplikasi perangkat lunak dan sistim perangkat lunak.
8.3. PERTIMBANGAN MANUSIA
Menjabarkan jumlah tenaga kerja yang diperlukan dalam pelaksanaan pengembangan perangkat lunak serta tingkat keahlian yang diperlukan.
9. TAHAP KERJA SISTIM ENGINEERING
Dalam memecahkan suatu permasalahan sistim engineering harus mengikuti tahap kerja yang harus dilakukan, antara lain sebagai berikut :
9.1. SYSTEM REQUEST
Merupakan permintaan pembuatan sistim baru atau memperbaiki sistim yang telah berjalan pada suatu perusahaan.
9.2. SYSTEM PLANNING (PERENCANAAN)
Merupakan tahap sistim engineering yang merencanakan alternatif pemecahan masalah yang ada.
9.3. SOFTWARE REQUIREMENT (ANALISA)
Merupakan tahap sistim engineering untuk menganalisa permasalahan yang ada dengan menggunakan metoda yang telah ditentukan.
9.4. SOFTWARE DESIGN (PERANCANGAN)
Merupakan kegiatan menterjemahkan masalah yang sudah didefinisikan ke dalam bentuk yang dimengerti oleh pembuat program (programmer).
9.5. PROGRAMMING LANGUAGE DAN CODING
Proses penterjemahan masalah ke dalam bahasa komputer yang telah ditentukan dan sesuai dengan aplikasi yang sedang dikerjakan.
9.6. SOFTWARE TESTING (UJI COBA)
Uji coba terhadap progam yang telah dikerjakan.
9.7. SOFTWARE MAINTENANCE (PEMELI-HARAAN)
Pemeliharaan terhadap hasil pekerjaan yang telah selesai dikerjakan.
9.8. DOKUMENTASI
Kumpulan dari catatan hasil kerja
Demikian rangkuman dari Rekayasa Perangkat di Bab I ini.
Rangkuman selanjutnya akan menyusul.
Terima Kasih...!!!!!
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar