Laman

Minggu, 05 Mei 2013

CIRI KHAS KOTA SAMPIT

Assalamualaikum teman - teman semuanya........
Alhamdulilah ya,kita berjumpa kembali...Kali ini, saya berbagi informasi tentang ciri khas kota sampit, ya sekedar ingin memperkenalkan kepada sobat semua tentang kota sampit yang cantik ini,
heheheeeee...semoga informasi ini dapat memberikan sedikit ilmu kepada teman - teman semua. mari kita bahas apa saja ciri khas kota sampit.

SUNGAI MENTAYA
Ini dia salah satu yang menonjol di kota sampit,ini adalah salah satu sungai yang dijadikan tempat banyak kegiatan dan aktifitas, seperti perdagangan, pelayaran kapal, penyebrangan, juga dijadikan sebagai tempat wisata. nama sungai ini adalah sungai Mentaya,sungai ini panjangnya hingga ke daerah Bejarum bahkan masih panjang lagi. Sungai ini bermuarakan di laut jawa, di sungai inilah berbagai macam kapal berlayar pulang dan pergi, ada kapal penumpang, kapal barang, tongkang, dll. di sepanjang aliran sungai ini juga dijadikan tempat mencari nafkah para penduduk sampit, ada yang mencari ikan, besi, dll. di tepian sungai ini juga dijadikan tempat perumahan penduduk, tapi jangan salah, walaupun permukiman rumah di tepi sungai, permukiman ini teratur, bersih dan nyaman, di tempat ini jga dijadikan sumber air PDAM bagi seluruh arga Kota Sampit, hingga saat ini saya tidak pernah mendengar Sampit kekeringan. dan ini dia yang paling unik, disetiap bulan safar warga sampit menggelar acara yang unik, yaitu Mandi Safar di Sungai mentaya, acara ini dilakukan di bulan safar, semua warga sampit, tanpa pandang umur membanjiri sungai mentaya untuk mandi rame2, katanya sih mandi safar itu bisa membuang sial. Tapi itu menurut keyakinan warga setempat sih, kurang tau juga benar apa nggaknya.heheheee.... Lanjut ke step selanjutnya.

TUGU ADIPURA
Foto diatas merupakan piagam penghargaan  yang diberikan kepada Kota Sampit, karena menjadi Kota Kecil Bersih dan Indah. Piagam tersebut posisinya di Taman Kota Sampit. Taman ini dijadikan tempat rekreasi, refreshing, joging, jalan-jalan, nongkrong, dll. Kalo ada acara-acara besar seperti, pawai, buka bersama di bulan puasa, konser musik, kampanye partai, dan pertunjukan-pertunjukan juga di adakan di taman ini. di sekitar taman banyak dijumpai warung-warung dan pedagang-pedagang, ada yang jual makanan, jual baju celana, konter,  dll. di tempat ini juga ada arena bermain anak-anak dan lapangan basket. pokoknya seru deh sob tempatnya. Lanjut ke step berikutnya .

BUNDARAN SAMPIT

Nah ini namanya bundaran Sampit, tapi orang-orang lebih sering menyebutnya Bundaran Polres, karena letaknya yang dekat Polres Sampit, bundaran ini merupakan salah satu dari 3 bundaran besar di Kota Sampit, bundaran ini bisa dikatakan sebagai pusat Kota Sampit, karena posisinya yang berada di tengah kota Sampit, bundaran ini juga terletak di jalan yang ramai, jalan ke pelabuhan Sampit dan jalan menuju Pangkalan Bun. Bisa kita lihat di bundaran tersebut terdapat lambang garuda, yang berarti Kota Sampit merupakan salah satu kawasan naungan NKRI, dan ada lambang tameng, mandau, dan tombak, yang merupakan lambang suku dayak kalimantan, dan ada guci yang merupakan lambang serta logo kotawaringin timur.

BUNDARAN KB
Kalo Ini namanya Bundaran KB teman, dinamakan bundaran KB , karena ???? biar gk saya jelasin, pasti sobat udah tau, tuh ada lambang gede bertuliskan KB, kalo arti dari KB sendiri saya belom menemukan arti yang sebenarnya, ada yang bilang artinya Kota Besar, ada juga yang bilang Keluarga Berencana, hehehe... ada yang unik loh dari bundaran ini, yaitu setiap sore, mulai jam 15:00 sampai jam 18:00, tempat ini di jadikan tempat muter-muter para muda-mudi sampit, pokoknya bejibun bangeddd, apalagi kalo sabtu sore, pas malem minggu, wihhhh, bundaran ini di ramaikan oleh para muda mudi yang tawaf (mutar-mutar) di bundaran, mutar-mutarnya pake motor , bukan lari2, seperti udah kewajiban saja muter-muter disini,heheheee....terkadang setelah mutarin nih bundaran, para pemuda jalan masing-masing, ada yang nongkrong, makan, pacaran, dll. dan kalo udah jam 18:00, ini merupakan titik puncak kepadatan bundaran KB, nyaris kaya orang antri bbm padetnya... sampe amang-amang yang mau sholat magrib gk bisa lewat,,, hihihihi... Saya jadi teringat masa remaja saya.
hehehee....

OK teman2 semua, itu tadi sekilas mengenai Ciri Khas Kota Sampit, semoga Kota Sampit terus maju dan berkembang, dan semoga bermanfaat bagi teman2 semuany. Amin.....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar